[Review] Korean Red Ginseng Tea (Goryeo Hong Sam Cha)

Aloha...akhirnya saya balik ngeblog lagi setelah sekian lama blognya dianggurin hhehe..Kali ini saya balik buat ngomongin red ginseng tea nih. Kebetulan saya uda lama banget pengen pos tentang ini tapi lupa mulu.  Waktu itu salah satu anak dari teman papa saya baru pulang dari korea tuh dia bawain oleh-oleh teh dan kopi gitu dari sana.  Terus saya lihat tehnya, eh ternyata bukan teh biasa kaya green tea atau black tea gitu, melainkan red ginseng tea. Seperti yang kita tau di korea ginseng itu uda umum banget dikonsumsi dan harganya lumayan mahal juga jadi merupakan salah satu rempah yang istimewa disana.  Sebenernya ini ngga bisa serta-merta disebut teh sih ya..karena dia ga terbuat dari daun teh dan bahkan ngga ada kandungan tehnya sama sekali, cuma karena cara konsumsinya diseduh jadilah disebut "tea". Teh dari ginseng ini ada dua macam di Korea dan penyebutannya berbeda.  Kalo ginseng merah disebut 홍삼차 (dibaca: Hong-sam-cha), sementara kalo ginseng biasa disebut 인삼차 (dibaca: In-sam-cha). Nah kebetulan yang aku dapet ginseng merah alias 홍삼차 ini dan mereknya goryeo. 
Jadi dia ini dijual per box gitu dan didalamnya ada beberapa sachet hong sam cha.  Kebetulan saya cuma dikasih 3 sachet ajah nih...ya lumayanlah buat icip-icip. Keterangan di kemasannya dalam bahasa Korea dan bahasa Inggris, jadi lumayanlah masi sanggup memahami tulisannya. Satu sachetnya untuk satu cangkir dan sebenernya dia uda ga perlu dikasih gula sih yaa, karena sudah mengandung gula, tapi namanya kita orang Indonesia kalo minum teh ga manis ya ngga bisa disebut teh sih yaa, jadi biasanya saya tambahin madu sedikit hhehe.
Seperti yang sudah saya sebutin tadi sebenarnya teh ini uda ga perlu ditambah pemanis lagi.  Berhubung pernah saya coba tanpa ditambah pemanis itu rasanya hambar gitu jadi saya tambah madu sedikit biar ada rasanya hhehe. Warna tehnya coklat bening gitu ngga sepekat teh dari black tea atau green tea yang cenderung hijau bening. Rasa dari teh ini menurut saya mirip sama teh chrysanthemum. Beda dengan teh yang dari daun teh sungguhan biasanya ada rasa sepat-sepat pahitnya.  Nah kalo ini ngga, saya cuma merasa manis dan ginsengnya ngga berasa tapi cuma beraroma aja. Berhubung saya ngga pernah cobain minuman dari ginseng yang lainnya jadi saya agak susah sih deskripsikan rasanya. Tapi yang jelas teh ini agak kurang cocok  kalo diminum sebagai teman snack di sore hari, lebih cocok diminum ketika kamu lagi kurang enak badan dan butuh yang hangat-hangat gitu, aroma ginsengnya bisa bikin badan enakan lagi hhehe. Penyajian cuma buat secangkir yaa, karena kalo kamu pindah ke ukuran yang lebih besar kaya gelas misalnya rasa teh nya jadi makin ga kerasa. Uda segitu dulu reviewan dari saya, nih saya kasih gambar tehnya biar bisa dikira-kira 😄. 

Komentar

Postingan Populder

Review Bali Alus Face and Body Mask Black Tea