Bakso Jadul Legendaris: Bakso Haji Akrom

Haloo..akhirnya saya balik nulis lagi ditengah kegabutan dan dinginnya kota Malang ini, ya daripada ngantuk terus ketiduran kan.  Kali ini saya mau nulis kulineran lagi yang kayaknya jarang ada yang bahas. Jajanan apa sih yang paling dikangenin kalo lagi ke Malang? biasanya kalo pendatang-pendatang atau orang yang mudik ke Malang makanan yang pertama dicari sih bakso ya.  Padahal sebenernya di kota-kota lain juga ada sih bakso, cuma emang menurut saya bakso di Malang ama di kota lain tuh beda gitu.  Kita ambil contoh aja bakso Solo ama bakso Malang, kalo kata temen saya yang makan bakso di Solo, baksonya tuh putihan aja alias ngga ada gorengnya, tahunya juga pakai tahu putih ngga ada tahu coklat kaya di Malang.  Dan serandom-randomnya jajan bakso di Malang jarang banget nemu bakso yang ngga enak, ini juga jadi hal yang beda soal jajan bakso di Malang.  Kalo jajan bakso di kota lain saya ngga berani sih beli random alias asal nemu langsung beli, karena biasanya banyak zonknya kekeke, jadi kalo beli bakso di kota lain ya belinya ditempat yang pasti-pasti aja lah.  Sesungguhnya bakso yang enak itu kalo menurut aku dinilai dari rasa kuahnya sih yaa, walaupun sebenernya menurut aku rasa bakso di Malang ya gitu-gitu aja biarpun kata orang bakso A lebih enak daripada bakso B dsb.  Dan diantara banyak bakso-bakso yang bertebaran di kota Malang ada satu bakso legendaris yang ternyata uda ada lama banget nih. Oke jadi langsung cuss aja yaa.
Jadi aku sebenrenya baru tau bakso ini justru disekitaran taun 2017-2018 gitu, gegaranya diajakin sama temen aku yang lagi pengen kulineran. Karena pas itu hari Minggu pagi-pagi temen aku yang nginep dan aku uda sarapan duluan jadilah pas siang kita ngga laper-laper banget, sayangnya temen aku yang ngga ikut nginep belum sarapan pas siang nyamperin ke rumah, akhirnya kita memutuskan buat kulineran yang enteng tapi lumayan ngenyangin, karena jamnya juga uda ngga memungkinkan buat kulineran ke CFD. Setelah berbagai perdebatan dan dengan bantuan google buat cari makan akhirnya malah rekomendasi dari google ngga berguna 😅 akhirnya kita putusin satu menu "udah makan bakso aja" dan dari sekian banyak bakso yang direkomenin sama google ngga ada yang memuaskan temen aku yang belum sarapan ini. Hingga akhirnya temen aku ngomong "eh kita makan bakso yang pas dulu aja, yang katamu legend itu loo", aku yang ngga ngerti apa yang mereka maksud nanya "bakso apa?dimana?" temen aku yang satu lagi jawab "bakso akrom".  Dan aku dengan polosnya ngomong "eh bakso apaan tuh?emang ada?" "Ada dong...kamu ngga pernah makan yaa?kesian" yang satu lagi malah ngomong "loh itu legend loo katanya, kamu yang dari dulu tinggal di Malang kok gatau". Yasudah karena temen aku sudah laper dan aku juga belum pernah makan disitu kita langsung cuss kesana.
Baksonya ini terletak disekitaran daerah kauman situ yaa.  Kalo dari masjid Jami' lurus aja ntar belok kanan terus belokan pertama belok ke kiri ke arah kauman.  Nah warungnya ini masuk ke gang perkampungan warga gitu.  Jadi disebelah toko mebel ada gang nanti masuk situ.  Kalo kalian pendatang dan belum pernah ke daerah sini, jangan sedih jangan kuatir karena kalian bisa search di google maps.
*ini rute gmaps nya yaa*
*ini penampakan depan gangnya*

Yaudah kita langsung cuss aja ke baksonya.  Sesuai tulisan yang uda dicantumin didepan tempatnya ini tuh bakso sehat karena dia sama sekali ngga pakai MSG. Rasa gurih dari kuahnya bener-bener cuma berasal dari rempah dan kaldu.  Rasanya bener-bener unik banget ngga kaya bakso yang biasa aku makan. Rasanya lebih mirip sup daging gitu, jadi kuahnya bener-bener light dan berasa rempah banget.  Aku sih suka banget yaa ama taste kuahnya karena dia beda banget ama bakso lain di Malang.  Sesungguhnya bakso ini uda ada dari lama banget sejak jaman mbah aku.  Ini merupakan satu-satunya bakso yang halal yang ada pada saat itu, karena jaman dulu banyak banget orang jual bakso yang masih pake babi (meskipun bukan dagingnya buat pentol, biasanya untuk bahan kaldu).  Sementara ini bener-bener bakso daging sapi yang bahan kaldunya juga dari sapi. Tapi untuk beli bakso buat dibawa pulang kalian harus angetin lagi sih sampe panas, karena kalo dingin bakalan keliatan gajih/atau lemak-lemak sapinya hhehe.  Isi baksonya ngga terlalu variatif yaa, karena memang homemade semua dan karena keterbatasan tenaga jadi macamnya juga ngga terlalu banyak.  Yang jelas isinya ada pentol kasar, pentol halus, tahu putih, tahu coklat, su'un, mie kuning dan kalo lagi beruntung ada gorengannya juga.
*ini bakso pas saya pertama kali beli, isinya ada pentol, tahu coklat, dan mie kuning*
*ini bakso pas kesekian kalinya saya beli, pentol, tahu putih, su'un dan gorengnya*

Isinya emang beda-beda tiap aku beli, tergantung stoknya yang ada apa, tapi yang selalu ready ya pentolnya sih.  Gorengannya ini aja lagi hoki banget bisa dapet. Gorengannya beda juga dibandingkan bakso lain, ini beneran renyah isinya juga empuk banget, rasa keripiknya juga enak kayak ada bumbunya gitu jadi ga sekedar asin. Pentolnya beneran padet ama daging jadi ngga kaya pentol bakso yang abal-abal gitu.  Oiya selain bakso disini juga jual es dawet jadi kalo kepanasan dan kepedesan pengen minum yang seger-seger bisa pesen es dawetnya.  2 porsi bakso ini+gorengannya 4 ama air minum gelasan habisnya cuma 29 ribu loo, menurutku ini baksonya masih murah banget sih. Mahal nggaknya tergantung berapa banyak pentol yang kamu ambil sih, kalo banyak ya jadi mahal juga.  Pas mau bayar kamu ngga perlu nyebutin tadi pesen apa aja, cuma perlu nyebutin nambahin apa aja karena ibuknya uda notalin pas abis kita pesen.  Jadi kita pesen >> makan >> baru bayar.  Buat kalian yang pengen dapet pas isinya masih lengkap-lengkapnya saran aku datengnya sebelum jam 11 deh, karena sekitar jam 12 uda ramai banget, dan setelah jam 1 isinya biasanya uda tinggal pentol ama tahu doang. Berhubung tempat ini kecil dan ramai banget jadi emang kalo uda abis makan langsung keluar yaa, gantian ama yang lain hhehe.
Recommended: Absolutely yes 👍

Komentar

Postingan Populder

Review Bali Alus Face and Body Mask Black Tea