Skincare for Ramadhan


Hellooo...selamat hari raya Idul Fitri bagi semua yang merayakan yaa...
Sebelum terlambat saya mau mengucapkan minal aidzin wal faidzin nih 🙏... terutama karena lama banget nggak nulis apa-apa dan blognya dianggurin wkwkwkwk...
walopun postingnya pas uda lebaran sebenernya saya ada niat posting ini pas puasaan kemaren, tapi nggak sempet-sempet.  Karena kerjaan koreksian yang terus berdatangan, editing buku yang nggak kelar-kelar, dan terakhir karena saya emang mager aja wkwkwk..

Omong-omong pas puasa kemaren ada yang bermasalah dengan kulit kering nggak nih? soalnya biasanya kan karena asupan cairan kita pas puasa berkurang akhirnya bikin kulit jadi kering tuh.  Kalo saya sih nggak perlu nunggu puasa kulitnya emang uda kering aja gitu, apalagi kalo cuacanya nggak mendukung kaya panas-panas berangin kering gitu.  Pernah nggak sih ngerasain pas uda kepanasan tapi anginnya itu dingin dan berasa banget bikin kering? saya pernah. Dan itu nggak okeh banget buat saya selain bikin kulit cepet kering bikin badan gampang kena penyakit pancaroba gitu.  Sejujurnya puasa kemaren saya nggak bermasalah dengan kulit kering sih (alhamdulillah 😊) tapi berhubung dasarnya kulit saya cenderung kering-kombinasi jadi saya siap-siap aja amunisi kalo-kalo ntar kulitnya kering banget karena puasa.

Seperti yang udah saya sebutin tadi, kulit saya cenderung kering-kombinasi.  Jadi kalo cuacanya nggak enak seperti yang saya deskripsikan diatas kulit saya bakal kering ring ring bangeet sampe dibagian wajah ada yang ngelupas gitu (apalagi kalo ditambah kurang minum), bahkan pakai bedak pun rasanya nggak nempel. Tapi kalo kering dan cuacanya lembab-lembab biasa aja gitu muka saya bisa minyakan banget di T-zone. Jadi rada ribet kalo nyari skincare, karena pengennya yang ngelembabin tapi nggak bikin minyakan, atau pengen yang ada oil control tapi nggak bikin kulit sampe kering mengelupas. Alhasil perlu trial error nih cari skincarenya.  Dan sekarang saya sudah nemuin nih skincare yang pas dihati pas dikantong juga dan ini saya pakai selama bulan puasa bahkan sebelumnya juga uda repurchase. Yuks lah kita bahas satu-satu. Cuma kali ini saya bahasnya langsung inti aja yaa kalo lebih jelasnya bakal saya review satu-satu aja nanti

Moisturizer - Hada Labo
Disini saya pake 2 jenis pelembab hada labo yaa. yang botol putih besar itu light lotion for oily skin dari seri gokujyun, sementara yang di box biru itu trial kit dari seri shirojyun yang isinya ada lotion, milk, dan face wash. Kenapa dah saya milih hada labo jadi pelembab andalan? karena alasannya adalah:
1.  Bahannya ringan banget kaya air jadi cepat nyerap
2.  Nggak bikin muka saya minyakan apalagi sampe breakout (saya uda nyobain semua variannya dan nggak ada yang bermasalah dimuka saya)
3.  Karena filosofinya yang "PERFECT X SIMPLE" jadi bahan yang dipakai sesuai kebutuhan aja (free fragrance & free colorant)
Yang ngebedain seri shirojyun dan gokujyun adalah kalo di seri shirojyun ada kandungan arbutin dan vitamin c yang fungsinya memang untuk mencerahkan

Sunscreen - Skin Aqua
Sunscreen ini masih kerabatan yaa sama si hada labo ini. Sama-sama dari rohto juga. Saya uda sering sih gonta-ganti sunscreen. Bahkan uda lama banget kalo keluar nggak pernah pakai sunscreen karena LENGKET dan bikin muka saya MINYAKAN pas uda tengah hari. Tapi lama-lama saya sadar juga kalo nggak boleh keluar rumah tanpa pakai sunscreen. Selain dari skin aqua ada lagi sih sunscreen kecintaan saya yang lain tapi yang ini tetep nomor 1 lah yaa dihati (untuk saat ini).  Varian yang saya pakai ini yang UV moisture gel for Normal to oily skin yaa.  SPF nya cuma 30 PA++ sih, tapi buat saya segitu uda cukup asal pemakaian sunscreennya bener.  Karena prioritas saya milih sunscreen adalah teksturnya.  Skin aqua ini diformulasikan seperti air dan emang rasanya ringan banget, adeem, mirip kalo abis pake lotion hada labo sensasinya, dan dia emang cepet banget nyerapnya. That's why I love it😍😍

Soothing Gel - Innisfree
Siapa disini yang nggak demam ama soothing gel??Sensasinya yang adem denga berjubel manfaat dari si soothing gel ini. Kalo yang lagi tren sih aloe vera gel dari natrep sih yaa..tapi berhubung di Malang nggak ada storenya dan menurutku kalo beli online aku ragu (karena banyak banget yang ngepalsu) jadinya aku milih untuk cari soothing gel lain.  Well, sebenernya Innisfree juga ngga ada storenya di Malang tapi soothing gel dari innsifree ini ngga se-booming punya natrep jadinya aku pilih ini. Pertimbangan lain karena aku udah pernah nyicipin sleeping mask Innisfree yang varian jeju bamboo dan aku jatuh cinta sama aromanya yang enaaak banget, bikin relaks.  Pertimbangan utama adalah karena kemasannya, yang walopun bulky tapi handle friendly. Gampang banget dibawa-bawa karena nggak perlu takut tumpah dan berasa lebih bersih pakainya karena pakainya nggak asal colek gitu. Rasanya seger sih pas dipake dan menjaga kelembaban juga. Biasanya pas pulang sore abis kepanasan, setelah cuci muka aku pakai lotion dari hada labo terus dilanjut pakai ini. Kadang aku pakai dirambut juga kalo abis keramas biar kalo uda kering rambutnya nggak megar kaya singa hhehe..😅

Peeling & Masker - Himalaya
Beberapa waktu ini saya bermasalah sama komedo dan seperti biasa muka kadang berminyak di T-zone. Kadang karena berminyak bikin jerawatan juga. Saya emang suka maskeran dan sering gonta-ganti masker. Ini salah satu masker favorit saya buat ngebasmi komedo.  Nggak langsung ilang sih tapi paling nggak berkurang. Lumayan sih kalo lagi jerawatan pake masker ini jerawatnya bisa rada kering.  Biasanya saya peeling dulu terus pake pore pack terus baru deh abis dilepas pore packnya saya pakai masker ini. Atau nggak malam sebelumnya pakai pore pack terus besok paginya baru deh di peeling dan pake masker ini. Varian yang saya pakai ini yang neem yaa, karena jenisnya mud mask jadi cocok banget buat deep cleansing, dan neem ini bagus buat muka yang jerawatan dan bisa nenangin kulit gitu jadi nggak horor buat yang mukanya sensitif.  Sayangnya karena masker ini bagus buat oil control kadang malah bisa bikin muka jadi kering banget kalo kelamaan maskerannya.  Biasanya paling lama saya pake cuma 15-20 menit.  Habis maskeran wajib banget pakai lotion atau soothing gel.

Petroleum gel - Vaseline / Tender Care
Karena kulit yang kering dan dehidrasi itu nggak cuma bisa berakibat ke kulit badan dan muka tapi juga bisa berakibat ke bibir.  Bibir saya ini gampang banget kering terus pecah-pecah, nggak oke banget. Sensitif banget karena kalo salah pakai lip product bibir saya bisa langsung kering dengan sendirinya. Begitu juga kalo pakai lip balm, saya nggak pernah cocok meski gonta-ganti lip balm.  Malahan kalo pakai lip balm bibir saya bakal kering dalam hitungan jam setelah lip balmnya hilang.  Cuma pakai dua produk ini bibir saya nggak ada rewel.  Tetep lembab meskipun udah hilang karena makan dan minum. Pertama kali nyobain vaseline petroleum gel ini waktu Bude saya pulang umroh dibawain sebagai oleh-oleh.  Waktu itu produk ini belum masuk Indonesia dan kalopun ada di Indonesia banyak banget yang malsuin jadi bikin ragu. Akhirnya tiap Bude saya abis pulang umroh pasti dibawain ini.  Jadinya yang punya saya ini ori dari arab. Pas petroleum gel ini hampir habis saya bingung banget nih cari gantinya,untungnya salah satu temen saya member oriflame terus nawarin tender care ini ke saya karena tau ini oke banget buat kering dan ternyata bisa juga di pakai di bibir. Pas dipakai rasanya sama kaya pakai petroleum gel vaseline, sama-sama ngelembabin dan nggak bikin kering pas sudah hilang. Meskipun saya nggak tahu bahan utama dari tender care ini apa tapi karena tastenya sama saya sok tau aja mikir "jangan-jangan bahan bakunya sama nih".  Bahkan saya punya dua varian lain dari tender care, ada yang blackcurrant dan almond. Dua-duanya sama enak jadi seneng sering-sering makenya hhehe

Sebenernya ada 2 produk lagi sih yang esensial buat kulit kering dan saya pakai waktu puasa.  Ada face wash dan hand cream yang baru-baru ini saya pakai.  Tapi saya bakal ceritain secara terpisah di next post yaa

Komentar

Postingan Populder

Review Bali Alus Face and Body Mask Black Tea