Simple but Nostalgic: Nasi Lengko UB

Halohaa..ada yang suka marung disini?ato kulineran yang murah? Saya nih suka banget kulineran, tapi yang murah dan bersih yaa.  Soalnya saya sobat misqueen kalo kebanyakan makan mahal yang ada saya ga kenyang tapi jadi miskin kekeke. Jadi ceritanya saya mau nostalgia dulu tentang makanan yang selalu bikin kangen baik buat saya ataupun temen-temen saya yang dulu anak perantauan. Ada satu makanan yang paling murah di area kampus pada saat itu.  Tau sendiri kan anak kos itu kalo cari makan selalu yang murah, tapi biasanya meskipun di area kampus makanan yang dijual ngga selalu murah loo, kadang malah masih murahan makanan di daerah rumah saya yang bukan daerah kampus. Sumpah ini makanannya super muraaaah, porsinya juga buanyaaaaak (kalo pesen yang jumbo), Nasi lengko namanya.  Di Malang emang tempatnya makanan sih yaa, kamu mau cari makanan dari daerah mana aja biasanya ada (biasanya loo ya), kadang satu jenis makanan aja ada banyak tempat makan yang jual. Tapi buat nasi lengko sulit banget cari yang jual, dan menurutku nasi lengko di Malang cuma ada disini.  Beda sama ketoprak dan karedok yang banyak banget yang jual - bahkan ada yang keliling juga di perumahan- nasi lengko ini hampir ngga ada yang jual kecuali yang dideket UB ini.  Kalo kalian tanya sejak kapan nasi lengko ini ada, kayaknya sih udah lama banget yaa, karena sejak kakak saya kuliah aja warung ini uda ada (FYI kakak saya angkatan 2007), jadi pasti berdirinya uda dari sebelum itu.
Lokasi warung nasi lengko ini ada di jalan Mayjend Panjaitan Gg. 19.  Yang anak UB pasti tau lah yaa kalo jalan perkampungan disekitar UB itu kecil-kecil dan mbuletnya bukan main, jadi kalo mau lebih mudah nemuinnya bisa masuk lewat kampus UB aja terus ke balik gedung Samantha Krida nanti kalian bakal nemuin deretan warung, bukan..bukan disitu tempat nasi lengkonya, kalian masih harus jalan terus sampe nemu tangga dideretan warung tadi, kalian tinggal naik tangga itu terus bakal nemuin pagar yang membatasi area perkampungan warga dan kampus UB, dan bakal langsung kelihatan deh warung nasi lengkonya.

Nah kurang lebih seperti ini penampakan warungnya, bapaknya juga jual ketoprak tapi yang paling laris disini nasi lengkonya karena yaaa ngga ada lagi yang jual nasi lengko selain si bapak ini. Penampakan vespa itu emang selalu disana yaa, mungkin itu emang punya si bapak yang jual kali yaa hhehe.  Warungnya emang sederhana banget dan cenderung kecil, tapi yang sekarang dalemnya udah lebih lebar dibanding jaman saya makan pas kuliah dulu dan tenang aja karena warungnya bersih.  Kalo dulu memang lebih sempit karena sekalian jadi tempat istirahat si bapak belum lagi yang makan tuh rame banget karena jam makan anak kuliahan kan ya disekitaran jam makan siang gitu kan, mau nyamperin sore kadang udah keburu habis😢.  Belum lagi yang makan disana kebanyakan mahasiswa cowo, kita-kita yang cewe mau makan disana agak terintimidasi nih kalo datengnya ngga ramean 😂.  Dan menurutku kalo pas lagi rame alias antre pesennya jangan minta yang macem-macem lah yaa, soalnya bapaknya pasti keburu lupa kekeke. Terus kalo kalian datengnya ramean saranku pesennya langsung jadi satu aja, jadi pesen yang porsi jumbo berapa dan porsi biasa berapa supaya bapaknya ngga bingung.  Kalo kalian penyuka pedes jangan khawatir bapaknya sediain sambel spesial dimeja jadi kalian bisa ambil dan sesuaiin sendiri mau seberapa pedes. Buat cewe-cewe yang datengnya ngga ramean dan takut terintimidasi sama banyaknya konsumen cowo bisa kesini pas jam 10an gitu, dijamin cepet banget pelayanannya dan pasti dapet tempat duduk buat makan karena biasanya jam segitu pelanggan cowo ngga terlalu banyak.
Kurang lebih seperti ini penampakan nasi lengkonya.  Isinya ada timun, potongan tempe, potongan tahu, dan remahan kerupuk yang kemudian disiram bumbu kacang.  Yang saya pesen ini porsi biasa yaa, karena buat saya yang porsi biasa ini uda cukup banget, uda bikin kenyang.  Kalo temen-temen saya pas kuliah dulu ada juga yang pesen porsi jumbo.  Sekarang harganya uda naik gaes...kalo dulu pas saya kuliah untuk porsi yang biasa harganya sekitar 3.000 atau 4.000 rupiah dan untuk yang jumbo 6.000 rupiah, kalo sekarang terakhir saya beli yang porsi biasa harganya uda 6.000. Untuk gorengan diatas piring saya itu additional yaa alias tambahan sendiri gitu kkeke.
Nah ini penampakan gorengannya atau lauk yang bisa ditambahin sendiri.  Ada tahu brontak (tahu isi-red), ada ayam crispy, ada ikan bumbu kecap, pentol kecap, dan terakhir yang ada di baki paling gede dan banyak itu bala-bala.  Inget yaa itu bala-bala bukan rempeyek, buat bala-bala ini harganya 500/buah.  Entah kenapa sekarang penampakannya justru kaya rempeyek gini saking tipisnya😩padahal dulu lumayan tebel hampir kaya bakwan/heci cuma beda isian aja. Mungkin untuk mecegah kenaikan harga akhirnya dilakukan penurunan kuantitas dan kualitas si bala-bala ini.  Sambil nunggu kalian juga bisa cemilin gorengan disini tapi diitung sendiri yaa, jangan sampe ngambil 5 tapi ngakunya 3, kasian bapaknya dong rugi hhehe.  Menurut aku yang bikin beda nasi lengko ini dengan makanan yang masih sodaraan kaya pecel, ketoprak, gado-gado, tahu telor ialah sambelnya, karena biasanya sambelnya merah gitu kan ato mungkin cabenya langsung digiles sekalian sama kacangnya sementara ini ngga ini sambelnya mirip sambel kecap tapi ada petisnya sedikit.
Dulu nih sempet saking ngidamnya padahal uda ngga kekampus lagi akhirnya saya bikin sendiri (cara bikinnya gampang kalian bisa search di cookpad) tapi rasanya ngga sama kaya ada yang ilang gitu.  Ternyata itu adalah sambelnya, soalnya sambelnya beneran beda dan ngga pernah nemu sambel yang rasanya kaya gini. Kalo rasa nasi lengkonya sendiri sih standar yaa lumayan ngenyangin lah, kalo kamu pesen yang jumbo dijamin bakalan kenyang banget karna bapaknya kasi porsi nasi ga tanggung-tanggung.  Jadi sekian deh cerita saya kali ini, buat kalian yang penasaran bisa langsung kepoin sendiri ke tempatnya. Dan kalo ada yang tau tempat lain yang jual nasi lengko di Malang, please let me know 😄.


Komentar

Postingan Populder

Review Bali Alus Face and Body Mask Black Tea